Kelebihan Pendanaan Menggunakan Peer to Peer dengan Fintech


Kelebihan Pendanaan Menggunakan Peer to Peer dengan Fintech

Tahukah Adna tentang sistem pendanaan praktis paling populer saat ini ? Sistem tersebut yakni p2p atau peer to peer pada perkembangan teknologi finansial yang marak di era ini. Banyak sekali penyedia jasa keuangan yang menyediakan produk dengan sistem peer to peer di dalamnya. Anda termasuk orang yang beruntung jika mampu memanfaatkannya dengan baik.

4 Kelebihan Sistem Pendanaan dengan Sistem Peer to Peer


Umumnya sistem peer 2 peer memiliki fungsi utama untuk mendanai berbagai kebutuhan keuangan seseorang. Tetapi di situ terdapat fungsi ruang yang menghubungkan pihak pemberi dana dan peminjam. Bahkan tergolong sebagai platform unik seperti marketplace dengan sistem transfer dan penerimaan dana secara cepat, praktis, efektif dan sedikit gangguan.

Sistem pendanaan ini hingga kini masih diminati oleh banyak orang karena menyediakan keuntungan bagi semua orang yang hendak memulai usaha atau berinvestasi. Hal tersebut juga tak lepas dari kelebihan sistem pendanaannya, seperti yang dijelaskan pada poin berikut.

1.     Suku Bunga Rendah
Keuntungan terbesar yang menjadi kelebihan sistem peer to peer bagi peminjam adalah suku bunganya yang rendah. Ini memiliki perbandingan yang jauh lebih menguntungkan jika dibandingkan penetapan bunga oleh instansi keuangan resmi, seperti bank. Biasanya akan dikenakan suku bunga sebesar 12 hingga 20 persen untuk pinjaman pribadi.

Prosentase tersebut nyatanya lebih rendah jika dibandingkan dengan tagihan kartu kredit. P2P lending bahkan telah menerapkan suku bunga yang lebih rendah dari prosentase tersebut sehingga lebih diminati banyak orang.

2.     Pengajuan Pinjaman Simpel
Sistem pendanaan yang dilakukan ketika pengajuan pinjaman umumnya rumit, karena Anda harus mempersiapkan banyak sekali dokumen atau berkas lebih dulu. P2P lending justru tidak membutuhkan proses pengajuan rumit dan formal seperti yang diterapkan oleh lembaga keuangan umumnya. Prosesnya lebih cepat dan praktis.

Anda hanya perlu mengisi beberapa form tentang identitas dan alasan Anda untuk meminjam dana. Pada beberapa produk aplikasi penyedia sistem peer 2 peer, Anda harus mengisi riwayat reputasi pinjaman keuangan agar pihak pemberi pinjaman mempercayai Anda. Isilah alasan positif yang mendukung Anda agar memperoleh pinjaman tepat.

3.     Produk Pinjaman Tanpa Agunan
P2P lending merupakan sebuah produk pinjaman keuangan tanpa agunan sehingga Anda tidak perlu khawatir pihak pemberi pinjaman meminta sebuah jaminan kepada Anda. Peminjam bebas mengajukan pinjaman berapapun sesuai jumlah yang dibutuhkan tanpa perlu jaminan apapun untuk proses pengembaliannya.

Pinjaman tentu tetap harus dikembalikan berdasarkan waktu yang telah ditentukan oleh pihak pemberi pinjaman dan atas dasar kesepakatan.

4.     Terbukti dan Terpercaya
Meskipun sistem ini dijalankan secara online, artinya menggunakan media digital yang sifatnya tak kasat mata. Sistem ini telah terbukti resmi karena diatur sekaligus diawasi di bawah naungan OJK atau otoritas jasa keuangan. Hal tersebut pun dikuatkan melalui peraturan OJK No 77/POJK.01/2016.

Semua orang yang ingin meminjam dana melalui media digital lewat produk aplikasi kini tidak perlu khawatir. Karena aplikasi jasa keuangan yang di dalamnya menerapkan sistem peer 2 peer terpercaya dan telah terbukti sejak tahun 2016 lalu. Anda tidak perlu ragu memperoleh pinjaman kapanpun dan di manapun dengan dana sebesar yang dibuthkan.

Kini Anda tidak perlu khawatir untuk memanfaatkan sistem peer to peer yang telah disediakan pada beberapa produk aplikasi Fintech. Salah satu pihak penyedia jasa keuangan berteknologi canggih tersebut yakni Amartha.com, dengan aplikasi yang bisa Anda unduh di Play Store secara praktis.