Tips Merawat Jersey Futsal yang Jarang Diketahui Banyak Orang


Sebagai fans atau penggemar sepakbola, kita pasti tidak asing lagi dengan yang namanya jersey, atau baju bola. ada jersey barcelona, real madrid, manchester united, chelsea, juventus dan lainnya. Mungkin bagi banyak orang, membeli dan menggunakan jersey adalah suatu kebanggaan, oleh karena itu perlakuannyapun berbeda dari barang yang lainnya baik itu cara mencuci, memakai ataupun merawatnya. Terlebih jika jersey yang dimiliki merupakan hasil bikin jersey futsal karya desain sendiri. 


Harga Sebuah Jersey beraneka ragam sesuai dengan kualitas jersey tersebut, terlepas dari itu semua, perawatan untuk jersey kesayangan adalah suatu hal yang mesti dilakukan agar jersey kita tetap awet dan tahan lama.



Kami akan membeberkan beberapa perawatan jersey yang harus kalian perhatikan supaya awet dan tahan lama.

Tips mencuci jersey


  1. Jangan cuci dengan mesin cuci. Cukup direndam dengan air sabun deterjen selama beberapa menit. jika terlalu kotor kali, bisa di kucek-kucek.
  2. Bilas jersey sampai bersih. jangan dikeringkan dengan mesin cuci.
  3. hindari memeras jersey saat dicuci dengan cara diplintir karena dapat menyebabkan terselupasnya sablonan,
  4. Jemur jersey menggunakan gantungan (Hanger)dan jemur di tempat yang tidak secara langsung terkena sinar matahari.

Tips menyetrika Jersey dan trik ketika patch mulai terkelupas


  1. Gunakanlah suhu setrika yang rendah(tidak terlampau panas)
  2. Untuk untuk Patch yg mulai lepas setrikalah Jersey dengan cara dibalik, yaitu dengan menyetrika bagian patch dari dalam, bukan dari luar, dengan tingkat panas yg sedang, jangan terlalu panas dan lama. cukup 5-7 detik.
  3. Untuk menghindari font terkelupas, lecet, cepat berbulu, maka lapislah jersey dengan kain diatasnya, supaya jersey tidak kontak langsung dengan sterikanya. jika masih belum lengket, ulangi langkah seperti tadi. kalau pengalaman mimin sih, untuk jersey gak pernah di setrika. langsung lipat dan pakai :D

Cara menyimpan Jersey


  1. Ketika dipakai/disimpan, hindari dari gesekan-gesekan terutama dengan permukaan yang kasar, karena hal tersebut dapat menyebabkan benang-benang jersey tertarik (timbul bulu). Biasanya timbul ketika terjatuh saat Futsal atau di lapangan. 
  2. Simpanlah dengan cara digantung untuk menghindari sablon yg terkelupas, atau retak.

Hal-hal yang perlu dihindari


  1. Hindari memeras jersey saat dicuci dengan cara diplintir karena dapat menyebabkan terselupasnya sablonan, hal ini berlaku untuk semua jenuis termasuk Jersey yang Original dari toko-toko resmi.
  2. Hindari merendam jersey terlalu lama dalam rendaman berisi air yang diberi deterjen, waktu yang disarankan tidak lebih dari 5menit.
  3. Jangan mencuci jersey dengan mesin cuci karena akan merusak sablonan dan serat kain.
  4. Jangan mengeringkan menggunakan mesin pengering (spin).
  5. Hindari menjemur menggunakan tali tapi gunakanlah gantungan (hanger).

Itu tadi beberapa tips untuk merawat jersey agar selalu awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat 