Apakah Atap Asbes Berbahaya? Simak Ulasan Berikut Ini!



Asbes adalah produk yang digunakan sebagai plafon atau atap rumah yang diketahui berbahaya untuk kesehatan. Informasi tentang asbes yang digunakan dan jika anda tidak sengaja menghirup zat tepung dari asbes dapat menyebabkan beberapa penyakit pada paru-paru.

Sisi atap asbes sangat keras dan dapat mengelupas seiring waktu, jika tidak hati-hati maka dengan tidak sengaja anda menghirupnya. Melukis dinding asbes akan membantu mencegah hal ini terjadi. Pilih cat yang tahan jamur dan jamur serta tahan air.

Cara termudah untuk mengecat pelapis asbes adalah dengan menggunakan sprayer cat. Ini akan melakukan pekerjaan dengan cepat dan merata serta mencegah potongan-potongan asbes terkelupas ke dalam kaleng cat atau menempel pada sikat. Tunggu sampai lapisan pertama mengering dan kemudian oleskan lapisan kedua.


Penyakit timbul dari serat-serat kecil yang berterbangan di udara. Sehingga jika anda tidak menggunakan masker maka akan terhirup serat asbes ini. Jika sudah mulai terhirup serat dari atap asbes seseorang akan merasa sulit untuk bernafas.

Di kalangan masyarakat asbes sangat diminati dengan harga yang sangat terjangkau dibandingkan bahan bangunan yang lainnya. Dalam proses pemasangan sangat praktis dan sangat mudah. Tetapi perlu anda ketahui bahaya pada kesehatn tubuh jika kita terpapar oleh bahan ini dalam jangka panjang.

Penyakit yang bisa anda derita saat menggunakan asbes yaitu serat asbes yang tidak sengaja masuk dalam paru-paru sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan. Bahkan lebih berbahaya dibanding menghirup asap rokok.

Jika anda sudah tercemar gejala utama yang di rasakan ialah sesak nafas. Semakin hari gejala itu semakin lebih parah dan anda mengalami sulit untuk bernafas. Dan sampai saat ini sangat sulit obat yang bisa menyembuhkan penyakit asbestosis.

Apa Bahaya Menggunakan Atap Asbes?


Antisipasi dari sekarang juga untuk menghindari paparan serat dari asbes. Salah satunya untuk mencegahnya dengan tidak menggunakan bahan bangunan yang tidak mengandung asbes. Anda bisa mengganti atap rumah dengan seng eternet, ardex dan lain-lain.

Jika anda berada di sekitar bangunan yang terlalu banyak menggunakan asbes alangkah baiknya memakai masker, kacamata dan sarung tangan. Dengan menggunakan pengaman maka anda akan terjaga dari serat asbes yang berhamburan di uadar.

Langkah lain selain menyiram material asbes dengan air dapat pula menutupi dengan plastik agar terhindar dari paparan cuaca. Paling bahaya jika ada anak-anak bermain di dekat atap asbes, alangkah baiknya untuk diminta menghindar.

Jika material asbes sudah tidak terpakai jangan dibakar dengan mencampur sampah lain. Sebaiknya tanam sedalam mungkin asbes tersebut. Sangat bahaya sekali untuk kesehatan tubuh, sayangilah tubuh anda dengan mencegahnya.

Baca Juga : https://artikel.rumah123.com/

Jika anda sudah terlanjur menggunakan atap asbes segera mengecat agar tidak terkikis. Dan apabila keinginan anda untuk membongkar maka harus hati-hati jangan sampai asbes patah dan sebaiknya siram terlebih dahulu sebelum membuangnya. Karena untuk menghindari timbulnya serat asbes ke udara.

Waspada dengan atap asbes sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Menggunakan asbes dalam jumlah banyak sangat rentan sekali dengan timbulnya penyakit. Sebelum semuanya terlambat lebih baik mencegah daripada mengobati. Nah, sudah tau bukan bahaya serat asbes untuk kesehatan tubuh, hindari dari sekarang juga sebelum mengalaminya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan orang di sekitar. Yuk, belajar hidup sehat dari sekarang.