5 Tempat Terbaik Berburu Pesona Sunrise di Yogyakarta

Sebagai salah satu destinasi wisata, Yogyakarta menyimpan sejuta keindahan. Mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, dan religi semuanya ada. Tak heran kalau Yogyakarta sering masuk ke dalam daftar tempat wisata terbaik untuk berlibur di Indonesia. Dari sekian banyak hal menarik yang ada di sana, keindahan sunrise di Kota Gudeg nyatanya jadi hal yang paling mencuri perhatian wisatawan. Ada banyak sekali tempat keren untuk melihat sunrise di Yogyakarta. Nah, penasaran dengan keindahan sunrise di Yogyakarta? Segera booking tiket ke Yogyakarta di sini.

1. Puncak Suroloyo 

Puncak Suroloyo

Tempat melihat sunrise yang pertama adalah Puncak Suroloyo. Tempat ini dikenal dengan keindahan matahari terbitnya yang sangat aduhai. Berada di ketinggian 1.019 meter di atas permukaan laut, kamu bisa menyaksikan datangnya fajar dengan latar empat gunung paling menawan seantero Jawa Tengah, yakni Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu.

Kalau lagi beruntung dan sedang tidak ada kabut, kamu juga bisa berkesempatan melihat bangunan Candi Borobudur yang menawan. Ada tiga pendopo untuk menikmati panorama sunrise di Puncak Surolyo, yaitu Suroloyo, Sariloyo, dan Kaendran. Dari pendopo mana pun, pagi kamu akan tetap sama indahnya. Namun, untuk sampai ke puncak, kamu perlu menaiki 286 anak tangga terlebih dahulu. Walau cukup melelahkan, hal itu akan terbayar setibanya kamu sampai di atas Puncak Surolyo.

2. Candi Borobudur


Cantiknya panorama sunrise di Candi Borobudur sepertinya sudah terdengar hingga ke mancanegara. Banyak wisatawan asing yang berbondong-bondong datang ke Yogyakarta hanya untuk menyaksikan sunrise di Candi Borobudur. Namun sayangnya, tempat ini baru buka untuk umum pada pukul 6 pagi.
Nah, satu-satunya cara untuk menikmati matahari terbit di Candi Borobudur adalah dengan menginap di hotel yang berlokasi di dalam kompleks Candi Borobudur seperti Hotel Madonna dan Hotel Manohara. Kalau pun tidak ingin menginap di kedua hotel tersebut, kamu masih bisa mengikuti sunrise tour yang diadakan oleh salah satu hotel tersebut.

3. Puncak Punthuk Setumbu

Puncak Punthuk Setumbu

Disebut juga Nirwana Sunrise, tempat ini menyuguhkan panorama matahari terbit dengan latar Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang menawan. Jika cuaca sedang tak berkabut, kamu berkesempatan untuk melihat keagungan Candi Borobudur dari kejauhan. Perjalanan menuju Puncak Punthuk Setumbu dari pusat kota Yogyakarta memang cukup jauh. Kira-kira bisa memakan waktu hingga 2 jam lamanya.

Namun, kondisi jalanan subuh yang masih lowong memberikan kesempatan kamu untuk bisa tiba lebih cepat. Kamu juga bisa memanfaatkan akses ojek supaya tidak sampai ketinggalan momen matahari terbit.

4. Taman Nasional Gunung Merapi


Selanjutnya, kamu juga bisa menyaksikan sunrise di Taman Nasional Gunung Merapi. Bisa dibilang, tempat ini adalah tempat favorit wisatawan untuk menikmati momen matahari terbit di Kota Gudeg. Buat yang tertarik berkunjung ke sini disarankan untuk mempersiapkan fisik secara matang.
Dibutuhkan waktu setidaknya 3 jam untuk sampai ke puncak Gunung Merapi. Kalau pun tidak mampu sampai ke puncak, ada spot lain yang bisa kamu tuju untuk menikmati sunrise, yaitu Kaliadem. Dari sini, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke beberapa spot wisata lain di sekitar lereng Merapi.

5. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan

Kalau tidak mau naik ke puncak Gunung, kamu bisa menjemput sunrise di Kebun Buah Mangunan. Ke sini menjelang fajar, kamu dapat melihat gugusan kabut bak kapas putih yang diselimuti dengan pantulan sinar matahari. Setelah matahari mulai menampakkan keelokannya, panorama bukit kehijauan yang diselimuti kabut jadi pemandangan paling apik yang bisa kamu nikmati sesudahnya.
Dari lima tempat di atas, adakah yang sudah pernah kamu kunjungi? Selamat berburu sunrise!